Rabu, 26 Maret 2014

KARANGAN ILMIAH

Karangan Ilmiah (non ilmiah dan tidak ilmiah)

4.1  Pengertian Karangan

Karangan adalah suatu karya tulis dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanmelalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami.
4.2  Macam,Sifat,dan Bentuk Karangan

Macam-macam karangan


- Karangan Fiksi adalah karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.
- Karangan Faktual adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Karangan faktual biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan informatif. untuk :
·                     Karangan ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
·                     Karangan informatif adalah karangan yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan.

Sifat karangan


- Manusiawi   : Ungkapan pemikiran manusia dengan tulisan yang hanya di miliki oleh manusia tersebut.
- Pribadi        : Di saat proses menulis karangan tersebut hanya bias dilakukan oleh satu orang dan hasil dari penulisan karangan tersebut adalah cerminan kepribadian satu orang.

Bentuk karangan

Bentuk karangan terdiri dari :
                
Cerita atau NARASI adalah karangan yang berisi tentang rangkaian peristiwa yang susul-menyusul sehingga membentuk alur cerita.
Lukisan atau DESKRIPSI adalah karangan yang berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasa atau mendengarkan hal tersebut.
Paparan atau EKSPOSISI adalah karangan yang berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topic dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan.
Bincangan atau ARGUMENTASI adalah karangan yang bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan dengan data/fakta/konsep sebagai dasar/alasan/bukti.

4.3 Ciri-ciri Karangan Ilmiah

Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum yang ditulis menurut metodologi dan penulisan yang benar adalah pengertian karangan ilmiah.
Ciri-ciri karangan ilmiah :
-    Sistematis.
-    Objektif
-    Cermat, tepat, dan benar.
-    Tidak persuasive.
-    Tidak argumentative.
-    Tidak emotif.
-    Tidak mengejar keuntungan sendiri.
-    Tidak melebih-lebihkan sesuatu.

4.4  Ciri-ciri Karangan non Ilmiah

Karya non-ilmiah sangat bervariasi topic dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subyektif, gaya bahasanya bias konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan popular. Karya non ilmiah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:


1. Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari     keuntungan dan sedikit informasi.

2. Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca,                   mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.


3. Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.


4. Kritik tanpa dukungan bukti.

4.5  Ciri-ciri Karangan Populer

a.    Sasaranya masyrakat umum atau awam
b.    Kata – katanya sederhana ,mudah didentifikasi dan dipahami
c.    Tidak memuat hiptesis
d.    Isi dan judul harus informative dan mudah di tangkap maksudnya
e.    Karangan ilmiah populer disusun seperti kerucut terbalik
f.     Menggunakan bahasa yang komunikatif.
      
Kerangka Karangan Ilmiah Populer

a.    Pendahuluan
b.    Tubuh tulisan
c.    Penutup    
     
Langkah- langkah Menulis Karangan Ilmiah Populer

a.    Menelaah tema
b.    Menguji kelayakan topik
c.    Mengumpulkan bahan sumber tulisan
d.    Menyusun kerangka
e.    Mengembangkan kerangka

4.6  Soal-soal

1.   Suatu karya tulis dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanmelalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami ialah pengertian dari?
A. Makalah
B. Karangan
C. Puisi
D. Pantun
Jawaban ( B )

2.   Karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang ialah pengertian dari?
A. Karangan
B. Karangan Faktual
C. Karangan Fiksi
D. Karya Ilmiah

Jawaban ( C )

3.   karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Karangan faktual biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan informatif ialah pengertian dari?
A. Karangan
B. Karangan Faktual
C. Karangan Fiksi
      D. Karya Ilmiah

      Jawaban ( B )

4.   Karangan yang berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasa atau mendengarkan hal tersebut ialah pengertian dari?
A. Narasi
B. Eksposisi
C. Deskripsi
D. Argumentasi
Jawaban ( C )

5.   Karangan yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan ialah pengertian dari?
A. Karangan Informatif
B. Karangan Ilmiah
C. Karangan
D. Karya Tulis


Jawaban ( A )

1 komentar:

  1. The Tinting Tinting Tinted | Titanium Frames
    This titanium water bottle is a high-quality titanium network surf freely titanium frame. Designed for high performance applications. It is 2019 ford edge titanium for sale suitable for titanium rods all revlon hair dryer brush titanium projects.

    BalasHapus