Minggu, 12 Oktober 2014

PT. Telikiminikisi Indonesia, Tbk, (Telkim)

Profil Perusahaan

PT. Telikiminikisi Indonesia, Tbk, (Telkim) adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Saat ini sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (53,6%), dan 46,4% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri. Telkim mempunyai 13 anak perusahaan. Telkim telah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.

Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan komunikasi lainnya termasuk interkoneksi jaringan telepon, multimedia, data dan layanan terkait komunikasi internet, sewa transponder satelit, sirkit langganan, televisi berbayar dan layanan VoIP. Perusahaan yang memiliki visi menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional ini telah mendominasi lebih dari 60 persen pangsa pasar broadband Indonesia. Artinya Telkim sudah memiliki lebih dari 19 juta pelanggan broadband. Telkim memiliki kapasitas gateway internet lebih dari 106,4 Gbps. Perusahaan ini selalu berusaha memastikan kecukupan gateway internet guna memenuhi kebutuhan konsumen baik dari  fixed broadband maupun mobile broadband. 

Telkim berfokus pada layanan TIMES dan berkomitmen mempelopori masyarakat digital di Indonesia. Telkim mempunyai grand strategy menuju sustainable competitive growth dengan sasaran pertumbuhan organik meliputi layanan konsumer, layanan enterprise, dan layanan wholesale dan internasional, yang didukung oleh 10 juta sambungan POTS dan 5 juta sambungan Speedy. Serta pertumbuhan inorganik yang diraih dengan pengembangan bisnis baru, pengelolaan portofolio strategis, serta membangun sinergi antara perusahaan dan entitas anak perusahaan.

Dalam jangka panjang Telkim akan terus berinovasi guna meningkatkan pendapatan perusahaan di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin sengit. Perusahaan berencana untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah  menjadi perusahaan dengan skala besar serta meluncurkan produk-produk baru melalui kerjasama dengan mitra perusahaan. Kerja keras yang dilakukan Telkim terbukti dengan meningkatnya jumlah pelanggan broadband hingga mencapai 10,5 juta pelanggan tercatat pada 31 Desember 2011. Angka ini meningkat sebesar 64,3%. Peningkatan juga terjadi pada layanan seluler yang naik hingga mencapai 107 juta pelanggan atau naik sekitar 13,8%. 

Telkim juga berkembang melalui anak perusahaan antara lain PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Multimedia Nusantara (Metra), PT Telekomunikasi Indonesia International (TII/Telin), PT PINS Indonesia (PINS/Pramindo), PT Infomedia Nusantara (Infomedia), PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel/Dayamitra),  PT Indonusa Telemedia (TelkomVision), PT Graha Sarana Duta (TelkomProperty/GSD), dan PT Napsindo Primatel Internasional (Napsindo). Pada pertengahan tahun 2013, Telkom Grup akan membangun Device-Network-Application (DNA) guna melahirkan teknologi broadband dengan kualitas baik di Indonesia. Dengan ini nantinya Telkom akan membawa negara Indonesia menjadi negara maju dalam teknologi informasi di dunia melalui teknologi broadband-nya.

Manfaat

Masyarakat dapat memperoleh kesempatan yang sangat luas untuk menikmati pelayanan dari PT Telkim mencakup produk tersebut di atas, yang bermuara kepada semakin cepatnya informasi dan komunikasi yang dapat dilakukan oleh elemen masyarakat, khususnya para pengusaha maupun pelaku ekonomi. 

Efek yang timbul dari tingginya intensitas masyarakat dalam memperoleh jasa pelayanan Telkim membuat Perusahaan Telkim tersebut memperoleh benefit, sekaligus memberikan sumbangan besar bagi pemasukan ke kas negara. 

Berdasarkan data yang ada pada saat ini PT Telkim menguasai 14 – 15 persen kapitalisasi pasar. Bahkan dari sisi bisnisnya Telkim termasuk salah satu perusahaan dari seribu perusahaan paling menguntungkan di dunia versi majalah ekonomi bergengsi Buisness week.

Hal ini menunjukkan bahwa peranana telekomunikasi khususnya dalam hal ini PT Telkim sebagai salah satu penyelenggraaan telekomunikasi di Indonesia telah dapat menunjukkan eksistensinya sekaligus mampu memberikan konstribusi yang signifikan terhadap pemasukan dana ke kas negara.

Kegiatan Positif Perusahaan

PT. Telkim selalu apresiatif terhadap apapun kegiatan positif yang bermuara pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta mengandung nilai luhur mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Dalam waktu terakhir, sikap apresiatif itu tercurah dalam sebuah kegiatan bertajuk “Pelatihan Internet Gratis”, buah kerjasama dengan Badan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Sumbar.

Modern Channel PT. Telkim Sumbar, Joni Rusdan. Pelatihan diikuti sekitar 50 orang pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Padang, ditambah pengurus BPD HIPMI Sumbar.

Masih banyak diantara mereka yang hingga saat ini masih gagap teknologi (gaptek), belum melek internet. Sehingga, tingkat keterlibatan mereka dalam aktivitas jual beli di dunia maya menjadi sangat kecil. Padahal prospek berjual beli di dunia maya sangatlah menjanjikan.